Tunggu Sebentar...

6 Pesan Rasullullah ﷺ Dalam Bulan Ramadhan

Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)
Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)

Baca Juga

Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)

Kelas Islam - 6 Pesan Rasullullah ﷺ Dalam Bulan Ramadhan, Ramadhan, Ramadan, Bulan Ramadhan, Bulan Ramadan, Keistimewaan Ramadhan, Hadits Ramadhan dan Sabda Rasullullah ﷺ. Ramadhan, Keuntungan Bulan Ramadhan, Fadillah Bulan Ramadhan




السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ & اَهْلاًوَسَهْلاً

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Ramadhan atau Bulan Ramadhan adalah bulan yang dimana bulan yang menjadi bulan dambaan bagi kaum umat beragama islam (muslim wa muslimah), Dalam rangka kita untuk menyambut bulan suci nan berkah kali ini tentunya berbagai persiapan serta konsistensi masalah ibadah, pahala hingga puasa akan menjadi masalah utama.

Tidak terasa hari demi hari dilalui alhasil kita اَلْحَمْدُلِلّهِ dapat bertemu kembali dalam bulan yang Suci dan Berkah kali ini, Amin (2017). Pada bulan Ramadhan tentunya akan menghasilkan sebuah pahala yang berlipat ganda sehingga bulan Ramadhan merupakan bulan yang berbeda dari bulan lainnya.

Maka dari itu dalam sebelum bulan Ramadhan, memang seharusnya kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dengan cara, Niat utama dengan agar sebuah amal ibadah selama bulan Ramadhan tidak lah sia-sia.

Sehingga agar mudah nanti ketika Ramadhan tiba semua amal ibadah dapat kita tunaikan secara khusyu'. Seperti: berpuasa, sholat 5 waktu, sholat sunnah, membaca Al-Qur'an dan hal lainnya. Jika kita telah menjalani amal ibadah tersebut usahakan kita harus benar-benar Istiqomah dalam menunaikan amal ibadah.

Oleh sebab itu, memang sudah seharusnya kita mematuhi pesan dari Rasullullah ﷺ. atas apa saja sabda yang telah disampaikan.  اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ dengan mengingat dari beberapa pesan Rasullullah ﷺ. tersebut, kita dapat menanamkan sebuah sunnah-sunnah yang diajarkan beliau dalam rangka kita mengikuti seluruh ajarannya, sehingga sebuah keberkahan serta keistimewaan dalam bulan suci Ramadhan dapat kita jalani dengan Ridho الله سُبْحَانَهُ وتَعَالَى. dan juga ajaran Rasullullah ﷺ.

Dari Hadits yang diriwayatkkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Salman Al-Fariisi, bahwasanya Rasullullah ﷺ. menyampaikan menjelang bulan Ramadhan, ketika Rasullullah ﷺ. Berkhutbah pada akhir bulan Sya'ban. Terdapat beberapa pesan yang disampaikan beliau dalam khotbah nya, disimpulkan tercakup 6 hadits dan pesan Rasullullah ﷺ. diantaranya sebagai berikut :

1. Jadikan Bulan Ramadhan sebagai Bulan yang Berlomba dalam Ibadah


Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang mana menjadi bulan dambaan umat muslim. Didalamnya kita ber inisiatif besar bahwasanya ingin sekali menjadikan Ramadhan memperbanyak amal ibadah. Dengan adanya amal ibadah, bulan Ramadhan pula memiliki sebuah malam yang paling mulia dibanding malam-malam lainnya yakni malam “Lailatul Qadr” sehingga malam ini biasa disebut dengan “Malam yang paling baik daripada seribu bulan”.

Maka dari itu tatkala jika kita ingin mendapatkan pahala yang besar dari malam seribu bulan maka jangan sia-siakan lah waktu ketika tiba Ramadhan dengan catatan mengerjakan ibadah dengan giat,  اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ malam “Lailatul Qadr” dapat kita raih jika kita ikhtiar dalam beribadah terutama di malam hari.

2. Pahala Berlipat Ganda Di Bulan Ramadhan


Mendekati diri kepada الله سُبْحَانَهُ وتَعَالَى. dengan rasa khusyu' di bulan Ramadhan, maka ia akan mendapatkan pahala layaknya dalam menunaikan ibadah Fardhu. Dan barangsiapa yang melakukan ibadah fardhu di bulan Ramadhan maka beruntunglah, ia akan memperoleh pahala layaknya seorang yang melakukan ibadah Fardhu selama 70 kali. Oleh karena itulah disimpulkan bahwasanya bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang mana akan berlipat ganda sebuah pahalanya.

3. Bulan Ramadhan adalah Bulan yang Sabar


Bulan yang sabar disini yang dimaksud yakni kita dalam hal ini dilatih kita bersikeras dalam menahan kesabaran. Diantaranya bersabar dalam, menjaga rasa haus dan lapar, amarah, jaga ucapan dan pandangan, dan menjaga sabar dalam hal lainnya. Karena, “Barangsiapa yang akan bersabar (dalam hal apapun) maka balasan sesungguhnya yakni syurga” (AMIN)

4. Saling Simpati Satu Sama Lain


Sikap antar saling bersimpati (berbagi) satu sama lain, merupakan suatu pesan dari Rasullullah ﷺ. terhadap umatnya. Sehingga sebagaimana seperti anjuran Rasullullah ﷺ. untuk saling berbagi kenikmatan (makan) ketika hendak berbuka puasa walaupun itu hanya sebiji kurma. Karena “Barangsiapa yang berbagi (memberi) makan dalam hal untuk berbuka puasa antar satu sama lain, Niscaya pahalanya pun serupa layaknya seperti puasa dari orang tersebut”.

Dengan tercipta nya rasa saling simpati antar sesama maka rasa silaturahmi antar sesama pun akan tumbuh tentunya serta antar kepuasan kedua belah pihak semakin terjaga.

5. Meningkatkan Amal Sholeh


Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh Rahmat. Dinyatakan bila pada awal 10 hari pertama puasa, maka sudah pantasnya kita melakukan amal kebaikan baik itu, berbakti kepada kedua orang tua, saling membantu (teman, tetangga), sopan, santun dan hal kebajikan lainnya. Semua hal tersebut mestinya harus bertujuan agar kita mendapatkan Rahmat dari الله سُبْحَانَهُ وتَعَالَى. di bulan Ramadhan.

6. Perbanyak Berdo'a, Berdzikir, dan Bertaubat


Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang akan di munajabnya atas segala permohonan hamba yang meminta. Pada 10 pertengahan bulan Ramadhan merupakan bulan dibukakan pintu ampunan, dan pada akhir 10 bulan Ramadhan merupakan bulan yang mana kita di mudahkan dalam bebas nya dari Api Neraka (Amin).

Maka dari itu dalam bulan Suci Ramadhan kali ini memperbanyak lah mengucapkan kalimat taubat, istighfar, berdzikir, serta meminta do'a terhadap الله سُبْحَانَهُ وتَعَالَى. agar kita semua di terima amal ibadah puasanya dan juga dimasukkan kedalam Surga-Nya dan memohon perlindungan dari siksa Neraka-Nya. (AMIN)

Wallahu Alam

جَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا كَثِيْرًا & صدق الله العظيم

وابيلاهي توفيق ول الهداية

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Jika Ingin Mengemukakan Pendapat, Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan. Salam Ukhuwah Akhy wa Ukhti :)
EmoticonEmoticon