Tunggu Sebentar...

7 Syarat Sukses Belajar

Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)
Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)

Baca Juga

Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)
Keragaman Komunikasi Menurut Para Ahli
Syarat Sukses Belajar


Kelas Islam, Syarat Sukses Belajar, 7 Syarat Sukses Belajar, Syarat Sukses Belajar Dalam Islam -



Assalamu'alaikum wr wb

Pada kesempatan yang mulia ini . Kami akan membahas mengenai  bagaimana dan apa yang harus kita lakukan agar kita suskes dalam belajar . seperti yang sahabat kelas- islam.net ketahui bahwa setiap muslim berkewajiban untuk menuntut ilmu tanpa adanya batasan usia.

Baik itu pria maupun wanita yang tua ataupun yang muda semuanya berkewajiban menuntut ilmu . Setiap muslin yang berhenti untuk belajar maka ia akan tertinggal oleh zaman , pengetahuan dan juga tekhnologi . Hal ini juga dapat mengakibatkan mundurnya moralitas sehingga umat islam akan terkalahkan oleh umat lain .

Belajar dapat diartikan sebagai aktivitas untuk menambah ilmu , pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu. Belajar juga dapat dilakukan di mana pun, kapan pun dan oleh siapa pun . Secara umum dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu secara formal dan secara non formal.

Belajar secara formal dilakukan di sekolah seperti TK, SD, SMP, SMA,pondok pesantren, Madrasah, dan perguruan tinggi. Sedangkan belajar secara non formal dilakukan di luar sekolah seperti tempat kerja dll yang bersifat umum.

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa poin penting agar para penuntut ilmu dapat meraih kesuksesannya dalam belajar .

1. Niat



Sebelum kita memulai sesuatu hendaknya niatkan dahulu apa yang akan kita lakukan ke depan ? Karena kunci sukses yang pertama adalah niat . Rasulullah SAW bersabda :

" Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung pada niatnya . Dan sesungguhnya setiap orang akan dibalas berdasarkan apa yang ia niatkan . "
( HR Bukhari Muslim )

Niat yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Oleh karena itu dalam menuntut ilmu hendaknya peserta didik meluruskan niatnya terlebih dahulu dan fokus kepada apa yang kita niatkan dalam hati.

2. Meminta Do'a Orang Tua



Mintalah do'a restu kepada orang tua sebelum pergi menuntut ilmu . Karena restu Allah tergantung pada restu orang tua. Rasulullah SAW bersabda, "Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua " ( HR At- tirmidzi )

Orang tua pasti akan sangat bahagia apabila anaknya memiliki kesempatan untuk belajar dan menuntut ilmu . Mereka rela bersusah payah bekerja membanting tulang setiap hari demi anaknya . Maka berbaktilah kepad kedua orang tuamu dan teruslah meminta do'a restunya agar diberi keseksesan dalam belajar .

3. Bersungguh - sungguh



Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk belajar dan menuntut ilmu secara formal . Ada tidak bisa sekolah karena keterbatasan ekonomi , keterbatasan fisik , keterbatasan waktu dll. Bersyukurlah bagi yang mendapatkan kesempatan tersebut. Salah sat cara mensyukurinya yaitu dengan belajar sungguh - sungguh .

Memperhatikan guru ketika menerangkan , bertanya ketika tidak paham , mengulang pelajaran ketika di rumah , dan mengajarkanya kepada orang lain. Selain itu buatlah jadwal rutin untuk mamahami, menghafal dan mencatat pelajaran .

Untuk menjadi sukses memang di perlukan kerja keras tidak ada kesuksesan yabg diraih tanpa kerja keras. Bila perlu , bangunlah di sepertiga malam , kerjakan salat lalu belajar. Bula hal ini dilakukan secara rutin insya allah akan diberi kesuksesan oleh Allah.

4. Sabar



Hidup pasti penuh dengan berbagai macam cobaan begitu pula dengan belajar pasti aka  banyak sekali cobaan yang akan datang. cara untuk mengatasi cobaan yaitu dengan sabar dan salat sebagaimana disampaikan Allah dalam firmannya :

" Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu . Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat , kecuali bagi orang - orang yang khusyu "

Mintalah pertolongan kepada Allah ketika sedang mengalami kesulitan dalam belajar. Karena hanya Dia- lah tempat kita menggantungkan harapan danemohin pertolongan .

5. Memiliki Rasa Ingin Tahu



Seorang murid harus selalu merasa dan menyadari bahwa dirinya belum bisa , selalu kurang dan selalu ingin belajar . Dengan demikian , seorang murid tidak akan pernah merasa puas belajar dan menuntut ilmu dalam berbagai bidang.

6. Menghormati Guru



Seorang murid akan berhasil meraih ilmu yang bermanfaat apabila ia mau bersikap tawadu ( hormat ) dan taat serta dekat dengan guru. Dekat dalam arti ingin meraih ilmu yang dimilikinya dan kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari - hari untuk meraih kebahagiaan di dunia dan di akherat.

7. Bergaul dengan teman yang baik



Teman yang baik akan mengantarkanmu pada kebaikan dan teman yang akan menghantarkanmu pada keburukan pula. Maka berhati - hatilah dalemilih teman .

Teman yang malas dalam belajar , tidak taat terhadap aturan dan suka mbuang buang waktu dengan hal hal yanh tidak bermanfaat hendaknya kalian jauhi . Bergaulah dengan orang yang memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih kesuksesan .


Itulah 7 poin penting agar sukses belajar. semoga bermanfaat bagi teman - teman semua kurang lebihnya mohon maaf apabila ada kesalahan kata

Jika Ingin Mengemukakan Pendapat, Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan. Salam Ukhuwah Akhy wa Ukhti :)
EmoticonEmoticon