Tunggu Sebentar...

Menuntut Ilmu: Perintah Menuntut Ilmu, Hukum Menuntut Ilmu, Hadits Lengkap Menuntut Ilmu dalam Islam

Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)
Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)

Baca Juga

Agar Website Kelas Islam Rutin Update Artikel Terkait Dunia Islami atau hal lainnya, Mohon Bantu Donasinya Akhy wa Ukhti, Caranya pun Mudah. Akhy wa Ukhti hanya cukup Meng-Klik Iklan Dibawah ini ataupun Iklan yang Berada Dimana Saja. Salam Ukhuwah dan Saling Peduli Sesama yaa Akhy wa Ukhti :)
Kelas Islam, Menuntut Ilmu: Perintah Menuntut Ilmu, Hukum Menuntut Ilmu, Hadits Lengkap Menuntut Ilmu Dalam Islam - Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, salah satu perilaku amal saleh yang membutuhkan suatu pengorbanan dalam melakukan segala hal adalah Menuntut Ilmu. Dengan memiliki Ilmu hidup akan di permudah dalam segala cara.

Dalam menuntut Ilmu terdapat pengorbanan tentunya, baik itu dapat meluangkan sedikit waktu atau menyisihkan beberapa rezeki yang kita miliki dalam agar dapat nya kita hadir dalam majelis majelis Ilmu.

Bahkan, ramai pula dikalangan kita yang merasakan susah nya menuntut ilmu, baik itu masalah dari biaya, perjalanan dan tempat yang ditempatkan nya.

Barangsiapa yang memiliki Iman di dalamnya tentunya mereka mengetahui bahwa menuntut Ilmu itu adalah suatu hal yang menjadi kewajiban bagi seluruh umat manusia. Karena dengan tertanamnya ilmu dalam diri, akan menjadikan seseorang lebih mengetahui hal tertentu dengan ilmu yang dipelajari sebagian besar ilmu pun maka dengan sendirinya akan membantu sebuah kesuksesan dalam masa depan.

Ketahuilah kita dalam menuntut ilmu,  tidak hanyalah menuntut ilmu saja, melainkan kita harus menjadikan ilmu yang kita pelajari tersebut menjadi bermanfaat sehingga kita harus mengamalkan nya.

Perintah Menuntut Ilmu dan Hukum Menuntut Ilmu Dalam Islam

Salah satu perbuatan amal saleh yang membutuhkan suatu pengorbanan dalam mengerjakannya yakni menuntut ilmu. Dalam pengorbanan untuk mendapatkan/menuntut ilmu yakni dapat meluangkan sedikit waktu bahkan memberikan sedikit rezeki dalam rangka dapat hadir di majelis majelis ilmu.

Menuntut Ilmu adalah sebuah kewajiban bagi kaum muslim wa muslimah yang didalam hatinya memiliki iman. Oleh karena itu, Allah SubhanuWaTa'ala (SWT). dengan tegas mewajibkan hamba-hamba-Nya dalam menuntut ilmu.

Dalam menuntut ilmu, terdapat perintah langsung yang dianjurkan dari Allah SubhanuWaTa'ala (SWT). mengenai anjuran bahwasanya betapa pentingnya menuntut serta mendapatkan ilmu bagi kelangsungan hidup Hamba-hamba-Nya baik itu di dunia maupun di Akhirat kelak.

Allah SubhanuWaTa'ala (SWT). pun telah memerintahkan untuk hamba-hamba-Nya dalam menuntut Ilmu. Ilmu diantaranya yakni, ilmu Agama, Ilmu Pengetahuan dan ilmu lainnya. Semua ilmu yang kita pelajari tersebut sangatlah berguna dalam menjalankan kehidupan mereka yang menuntut ilmu baik di dunia maupun di akhirat.

Terdapat banyak firman Allah terkait menuntut Ilmu yang terkandung dalam Al-Qur'an serta hadits, perhatikan firman Allah SubhanuWaTa'ala (SWT) dan hadits-hadits sebagai berikut :

Hadits, Ayat, dan Firman dalam Kewajiban Menuntut Ilmu :

1. Q.S. Al-Mujadalah : 11

Orang yang memiliki ilmu akan mendapat kehormatan di sisi Allah dan juga Rasulullah. Terdapat banyak ayat Al-Qur’an serta firman Allah SubhanuWaTa'ala (SWT). yang mengarah agar hamba nya dan juga umatnya dalam rangka ingin menuntut ilmu, seperti yang terdapat dalam firman Allah SWT. :

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

Yang Artinya :
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat,(Q.S. Al-Mujadalah : 11)

2.  QS. At-Taubah 9: Ayat 122

 Allah SWT berfirman:

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُوْنَ لِيَنْفِرُوْا كَآفَّةً   ۗ  فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِّنْهُمْ طَآئِفَةٌ لِّيَـتَفَقَّهُوْا فِى الدِّيْنِ وَ لِيُنْذِرُوْا قَوْمَهُمْ اِذَا رَجَعُوْۤا اِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُوْنَ

Yang Artinya:
Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya jika mereka telah kembali agar mereka itu dapat menjaga dirinya.(QS. At-Taubah 9: Ayat 122)

3. HR. Ibnu Abdil Barr

Selain dalam firman Allah SubhanuWaTa'ala (SWT). atau surat dalam Al-Qur'an tersebut, perintah menuntut ilmu pun terkandung dalam hadis Rasullullah Sholallahu 'alaihi Wasallam (SAW).. Karena barangsiapa terdapat perintah Allah SubhanuWaTa'ala (SWT)., maka dilaksanakan lah pula oleh Baginda Nabi Besar Muhammad Sholallahu 'Alaihi Wasallam (SAW).. Dari sabda Rasullullah Sholallahu 'Alaihi Wasallam (SAW). berikut tentunya menjadi suatu hal penguat dari perintah Allah SubhanuWaTa'ala (SWT).. Berikut Hadits Menuntut Ilmu:

طَلَبُ اْلعِلْمَ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ (رواه إبن عبد البر)

Yang Artinya :
Menuntut ilmu itu wajib hukum nya setiap bagi muslimin (laki-laki) dan muslimat (perempuan),” (HR. Ibnu Abdil Barr)

Dalam Hadits ini sudah jelas diterangkan, bahwa yang menuntut ilmu itu diperintahkan oleh siapa saja, terutama orang islam laki-laki (muslimin) dan orang islam perempuan (muslimat). Menuntut ilmu dianjurkan mulai dari usia anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang yang telah lanjut usia pun dianjurkan sekalipun. Dikarenakan selagi Allah SubhanuWaTa'ala (SWT). memberikan sebuah kesempatan selama untuk hidup di dunia ini, maka kita hendaknya selalu berupaya semaksimal mungkin menuntut ilmu untuk di dunia dan di akhirat.

Itulah yang rangkaian serta rangkuman dari pembahasan mengenai Menuntut Ilmu baik itu Perintah Menuntut Ilmu, Hukum Menuntut Ilmu, Hadits Lengkap Menuntut Ilmu dalam Syar'i yang dapat Kelas Islam sampaikan, Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Jika Ingin Mengemukakan Pendapat, Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan. Salam Ukhuwah Akhy wa Ukhti :)
EmoticonEmoticon